Rabu, 09 Februari 2011

TUGAS MANDIRI : EDHI NOVIANTOKO


NAMA : EDHI NOVIANTOKO
NIM     : 244310008


JUDUL :
ANALISIS HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN DISIPLIN KERJA ANAK BUAH KAPAL PADA PT. PELAYARAN SEJAHTERA BAHTERA AGUNG, SURABAYA
TAHUN 2010

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Menjelang era perdagangan bebas yang sebentar lagi akan kita masuki, akan menyebabkan terjadinya iklim kompetisi yang tinggi di segala bidang, yang memaksa setiap perusahaan harus dapat bekerja dengan efisien, efektif dan produktif. Tingkat kompetisi yang tinggi ini memacu tiap-tiap perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidup organisasinya.
Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, maka perusahaan harus memperhatikan salah satu faktor yang sangat menunjang kegiatan operasi perusahaan yaitu faktor sumber daya manusia.
Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang diharapkan dapat menunjang kegiatan perusahaan, setiap anak buah kapal harus memiliki motivasi kepada anak buah kapalnya.
Dalam pemberian motivasi setiap perusahaan memberikan motivasi yang bervariasi, misalnya pemberian kompensasi, pemberian penghargaan, pemberian kesempatan untuk maju dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar kebutuhan anak buah kapal dapat terpenuhi, sehingga diharapkan para anak buah kapal akan merasa tenang dalam bekerja dan mentaati peraturan yang telah ditetapkan, saling menghargai hak dan kewajiban dan dapat memberikan disiplin kerja yang tinggi. Disiplin sangat membentuk suasana kerja yang baik dimana anak buah kapal mematuhi dan mentaati norma-norma peraturan yang ada dalam perusahaan karena dengan tingkat disiplin yang tinggi yang dimiliki oleh setiap anak buah kapal dapat menunjang dalam usaha mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.
Dalam memberikan motivasi kepada anak buah kapal, perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang sangat mendorong seseorang bekerja dengan baik, demikian juga dalam menerapkan disiplin kerja, perusahaan harus dapat memperhatikan faktor-faktor yang dapat menimbulkan lemahnya disiplin kerja anak buah kapalnya, karena kesalahan pihak manajemen dalam memberikan motivasi kepada anak buah kapal maupun tidak memperhatikan gejala-gejala timbulnya disiplin kerja yang lemah akan memberikan dampak yang merugikan bagi perusahaan itu sendiri.
Mengingat sangat pentingnya masalah disiplin kerja, penulis semakin terdorong untuk mengetahui lebih lanjut motivasi -motivasi apakah yang di berikan perusahaan kepada anak buah kapal dalam bekerja. Untuk melihat hubungan antara pemberikan motivasi dengan disiplin kerja maka penyusun tertarik melaksanakan penelitian di PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung dengan mengambil judul “ANALISIS HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN DISIPLIN KERJA ANAK BUAH KAPAL PADA PT PELAYARAN SEJAHTERA BAHTERA AGUNG, SURABAYA TAHUN  2010”
  

B.     Perumusan Masalah
1.      Identifikasi Permasalahan
Berdasarkan latar belakang judul penelitian di atas, maka identifikasi
masalahnya adalah sebagai berikut :
a.       Motivasi yang belum optimal
b.      Disiplin kerja anak buah kapal ada yang belum optimal
c.       Ketrampilan dan pengetahuan awak kapal yang terbatas
d.      Jam kerja awak kapal yang belum dipatuhi
e.       Awak kapal yang terbatas
2.      Pembatasan Masalah
Sehubungan keterbatasan waktu, dana dan teori-teori, agar penelitian dapat dilakukan secara lebih mendalam, maka tidak semua masalah yang telah diidentifikasikan dapat diteliti, untuk itu penulis memberi batasan masalah pada : Hubungan antara motivasi dengan disiplin kerja anak buah kapal MV. Sejahtera Mandiri pada PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung, Surabaya tahun 2010.
3.      Pokok Permasalahan
Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut :
a.       Bagaimana motivasi di atas kapal pada PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung?
b.      Bagaimana disiplin kerja anak buah kapal pada PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung?
c.       Apakah terdapat hubungan antara motivasi dengan disiplin kerja anak buah kapal pada PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung?

C.    Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah :
a.       Untuk mengetahui motivasi di atas kapal pada PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung.
b.      Untuk mengetahui disiplin kerja anak buah kapal pada PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung.
c.       Untuk menganalisis hubungan antara motivasi dengan disiplin kerja anak buah kapal pada PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung.
2.      Manfaat Penelitian
a.       Bagi Penulis
Menambah khasanah dan wawasan ilmiah bagi penulis khususnya dalam hal sumber daya manusia. Disamping itu penelitian ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan akademis dalam rangka mendapat gelar Sarjana Ekonomi Tranportasi Laut program S1 di Sekolah Tinggi Manajemen Transpor Trisakti Jakarta.
b.      Bagi STMT
Sebagai sumbangan pemikiran dan sumber analisis kepada para pembaca, baik di lingkungan kampus STMT Trisakti, ataupun di luar kampus dalam memahami tentang hubungan motivasi dan disiplin kerja dalam upaya penambahan referensi bagi mahasiswa dan masyarakat umum melalui perpustakaan STMT Trisakti Jakarta
c.       Bagi Perusahaan
Penelitian ini merupakan sumbangan pikiran dari penulis dalam rangka pengembangan manajemen perusahaan dan dapat dijadikan bahan masukan bagi perusahaan dalam menganalisis dan mengambil keputusan untuk menentukan kebijakan yang akan diambil berkenaan dengan disiplin kerja anak buah kapal pada PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung.

D.    Metodologi Penelitian
  1. Jenis dan Sumber Data
                        Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif  dalam bentuk angket dan data kuantitatif dalam bentuk skor jawaban responden pada setiap pernyataan angket.  Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh penulis melalui kuesioner atau angket yang disebar kepada ABK secara acak (random).
  1. Populasi dan Sampel
Populasi menurut Suharsimi (2006:72) dan Sugiyono (2007:90) keseluruhan subjek penelitian atau data secara keseluruhan atau merupakan generalisasi yang terdiri atas : obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karekteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
Populasi dalam penelitian ini adalah motivasi terhadap disiplin kerja anak buah kapal pada MV. Sejahtera Mandiri pada PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung.yang berjumlah sebanyak 50 anak buah kapal.
Sampel menurut Sugiyono (2007 : 1) merupakan bagian dari jumlah dan karekteristik yang dimiliki populasi tersebut, adapun teknik sampling yang digunakan adalah sistimatic sampling, yaitu teknik pengambilan sample berdasarkan urutan dari anggota populasi yang diberi nomor urut yaitu sebanyak data motivasi terhadap disiplin kerja anak buah kapal pada PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung Sebanyak 30 orang.
3.      Metodologi Pengumpulan Data
a.    Penelitian Lapangan (Field Research)
                 Untuk memperoleh data primer melalui riset lapangan, maka penulis akan menggunakan teknik sebagai berikut :
1)   Observasi
Yaitu  dengan  melakukan  pengamatan   langsung  pada obyek  yang      diselidiki.
2)   Angket
                     Yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyampaikan daftar pertanyaan tertulis untuk meminta keterangan atau jawaban dan informasi yang dibutuhkan, dari 30 responden
Pada penelitian ini setiap butir pernyataan responden yang bersifat kualitatif akan diubah menjadi kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert. Jawaban pernyataan diberikan bobot nilai yang berdasarkan skala 5 (lima), di mana pada variabel X (motivasi) dan variabel Y (disiplin kerja anak buah kapal) setiap jawaban pernyataan mempunyai nilai sebagai berikut :
Tabel I.1
Bobot Nilai Jawaban Pertanyaan

Pilihan Jawaban
Singkatan
Bobot Nilai
Sangat Setuju
SS
5
Setuju
S
4
Ragu-ragu
RG
3
Tidak Setuju
TS
2
Sangat Tidak Setuju
STS
1
                        Sumber : Sugiyono, ( 2006 : 107 )
b.    Penelitian Kepustakaan (Library Research).
                 Agar skripsi ini tidak menyimpang jauh dari teori-teori yang ada dan untuk memperoleh data sekunder guna melengkapi data yang sudah tersedia, maka dalam riset kepustakaan ini penulis menggunakan beberapa literatur berupa buku-buku, majalah, jurnal, dan bahan pustaka lainnya.
4.      Metode Analisis Data
Metode analisis data  yang akan digunakan penulis dalam mengolah data menggunakan perhitungan secara manual dengan rumus sebagai berikut :
a.    Analisis regresi linier sederhana
Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh proporsional antara variabel motivasi (X) terhadap variabel disiplin kerja anak buah kapal (Y). Menurut Sugiyono (2006 : 237) rumus regresi linear sederhana adalah sebagai berikut :
Y  =  a  +  bX
 
         
                 Dimana :
                        X    =   Variabel bebas (motivasi)
                        Y    =   Variabel terikat (disiplin kerja anak buah kapal)
                        a     =   Konstanta (bilangan tetap)
                        b     =   Koefisien regresi
                        n     =   Jumlah sampel
                 Adapun rumus untuk mencari nilai a dan b adalah :
b.    Analisis koefisien korelasi sederhana
Analisis ini digunakan untuk mengetahui kuat atau lemahnya pengaruh antara variabel X (motivasi) dengan variabel Y (disiplin kerja anak buah kapal). Menurut Sugiyono (2006 : 238) rumus koefisien korelasi atau r adalah sebagai berikut :
                 Dimana :
                        n     =   Jumlah sampel
                        r      =   Koefisien korelasi
                        X    =   Variabel bebas (motivasi)
                        Y    =  Variabel terikat (disiplin kerja anak buah kapal)
                 Untuk  dapat memberi interpretasi terhadap kuat - lemahnya hubungan tersebut, maka penulis menggunakan pedoman seperti yang tertera pada tabel berikut ini :
Tabel I.2
Interpretasi Tingkat Hubungan X dan Y
Interval Koefisien
Tingkat Hubungan
0,00 – 0,199
Sangat rendah
0,20 – 0,399
Rendah
0,40 – 0,599
Sedang
0,60 – 0,799
Kuat
0,80 – 1,000
Sangat Kuat
                Sumber : Sugiyono, ( 2006 : 214 )
                 Dengan demikian maka nilai r dinyatakan sebagai berikut :
1)        Jika r = 1 atau mendekati 1, maka hubungan antara variabel X dan variabel Y sangat kuat dan positif
2)        Jika r = -1 atau mendekati -1, maka hubungan antara variabel X dan variabel Y sangat kuat tetapi negatif
3)        Jika r = 0 atau mendekati 0, maka tidak ada hubungan antara variabel X dan variabel Y atau hubungannya sangat lemah.
c.    Analisis Koefisien Penentu ( KP )
Merupakan besarnya kontribusi atau sumbangan variabel X (motivasi) terhadap variabel Y (disiplin kerja anak buah kapal) dalam persentase dengan rumus sebagai berikut :
KP = r² . 100%
                 Dimana :
                        KP       = Koefisien Penentu
                        r           = Koefisien korelasi
d.   Analisis Pengujian Hipotesis
                 Digunakan untuk menguji apakah variabel X dan Y memiliki hubungan yang signifikan atau tidak, di mana rumus yang digunakan adalah dengan uji satu arah dengan tahap-tahap sebagai berikut :
1)   Hipotesis awal
                     Ho: ρ = 0.           Artinya tidak ada hubungan positif variabel X dengan variabel Y
                     Ha : ρ > 0.          Artinya ada hubungan positif variabel X dengan variabel Y
                     Ha : ρ < 0.          Artinya ada hubungan yang negatif variabel X dengan variabel Y
2)   Rumus Uji Hipotesis
Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Untuk menghitung nilai thitung digunakan rumus sebagai berikut :
3)   Untuk mengetahui nilai ttabel digunakan tabel distribusi t pada taraf kesalahan α = 0,050 dk = n – 2.



                                    0               t(α;n-2)
 





4)   Membandingkan t table dengan t hitung
a)      Jika t hitung < t tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan motivasi dengan disiplin kerja anak buah kapal pada PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung
b)      Jika t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan motivasi dengan disiplin kerja anak buah kapal pada PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung

E.     Hipotesis
Berdasarkan perumusan masalah yang ada, maka penulis memberikan hipotesis, yaitu diduga terdapat hubungan antara positif dan signifikan motivasi dengan disiplin kerja anak buah kapal pada PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung

F.     Sistematika Penulisan Skripsi
Sistematika penulisan skripsi ini secara keseluruhan disiapkan dalam lima Bab, dengan sistematika sebagai berikut :

BAB I :     PENDAHULUAN

Dalam bab ini menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah, yang meliputi identifikasi masalah, pembatasan masalah dan pokok masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, hipotesis serta sistematika penulisan skripsi.

BAB II :   LANDASAN TEORI

Dalam bab ini akan dibahas mengenai teori yang berkenaan dengan permasalahan yang akan dibahas, yaitu teori tentang manajemen sumber daya manusia, motivasi dan disiplin.

BAB III : GAMBARAN UMUM PT PELAYARAN SEJAHTERA BAHTERA AGUNG

Dalam bab ini mengenai gambaran umum PT Pelayaran Sejahtera Bahtera Agung yang berisi sejarah singkat perusahaan, organisasi dan manajemen serta kegiatan usaha operasinya.

BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Pada bab ini akan dibahas mengenai analisis motivasi, analisis disiplin kerja anak buah kapal dan analisis pengaruh motivasi terhadap disiplin kerja anak buah kapal.

BAB V :   PENUTUP

Merupakan bab terakhir berisi kesimpulan dari seluruh analisis dan pembahasan, serta saran-saran penulis, yang disesuaikan dengan tujuan dan kegunaan penelitian yang telah ditentukan dalam bab I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar